Anak-anak Bangsa Mesti Siap Menghadapi Perubahan Zaman

SekaliLagi.id – Perubahan teknologi dan kondisi global yang demikian cepat harus disikapi dengan cermat. Anak muda ujung tombak bangsa yang paling siap mengikuti dan mengantisipasi perubahan dunia.

“Kita harus sadar, sekarang terjadi perubahan-perubahan di dunia global. Perubahan ini begitu cepat. Kita harus tahu dan mengikuti semua, terutama anak-anak muda,” kata Presiden Joko Widodo di hadapan peserta Kongres Ke-36 Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia di Auditorium The Forest Resort Bogor, Jumat (14/9).

Apalagi dengan adanya Revolusi Industri 4.0 yang perubahannya tiga ribu kali lebih cepat dibanding revolusi industri pertama. Kondisi ini mengharuskan bangsa Indonesia benar-benar mempersiapkan diri agar mampu bersaing.

“Ada yang harus kita siapkan, antisipasi. Itulah pekerjaan besar kita. Kita bisa melakukan lompatan kalau bisa merencanakan dan mengantisipasi perubahan. Kalau tidak, betul-betul ditinggal kita,” kata Presiden.

Lompatan kemajuan dan adaptasi perubahan global hanya dapat diwujudkan bila seluruh elemen bangsa bersatu dan bahu-membahu demi kepentingan besar bangsa Indonesia. Karena itu, seluruh elemen bangsa hendaknya menjaga kerukunan dan persatuan sekaligus bersiap menghadapi tantangan zaman.

“Mari kita semua mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan itu. Sekali lagi, persatuan dan kerukunan harus terus kita jaga supaya menjadi satu dan kuat,” kata Presiden Jokowi. [SL2]

BAGIKAN