Daya Juang dan Etos Kerja Tinggi Kunci Pembangunan Bangsa

SekaliLagi.id – Arah dan tujuan pembangunan Indonesia harus disikapi dengan daya juang dan etos kerja tinggi. Bahkan, jika perlu mengubah total mentalitas bangsa.

“Mentalitas berani berkompetisi, berani bersaing. Jangan senang diproteksi, dilindungi,” kata Presiden Joko Widodo di Jakarta, Selasa (25/9).

Nilai-nilai baru harus dimunculkan. Tidak hanya dalam pikiran, rencana, atau dalam bentuk teks, tetapi betul-betul nilai-nilai yang bisa dioperasionalkan di lapangan.

“Ini yang kita kurang. Harus kita perbaiki dan benahi. Memang kadang-kadang kita harus sakit dulu, pahit dulu. Jangan suka yang instan, yang cepat-cepat. Karena nggak ada yang instan. Apalagi negara sebesar ini, semua pasti ada prosesnya.”

Sebagai negara besar yang sangat beragam, aset terbesar bangsa Indonesia adalah persatuan, kerukunan, dan persaudaraan. Karena itu, semua elemen bangsa mesti terus menjaga aset tersebut.

“Hanya dengan bersatu, bangsa Indonesia bisa melompat jauh. Jangan hal-hal kecil diributin, diramein, sehingga strategi besar negara kita lupakan, strategi besar ekonomi negara kita lalaikan, strategi besar bisnis negara kita lupakan,” kata Presiden Jokowi. (SL2)

BAGIKAN