Hoax 7 Kontainer Surat Suara Pilpres Tercoblos, Cek Faktanya!

Ketua KPU Arief Budiman
Ketua KPU Arief Budiman

SekaliLagi.id – Para penyebar hoaks makin nekat saja belakangan ini. Hari pencoblosan makin dekat, mereka makin membabi buta menyebarkan hoaks.

Terbaru adalah hoaks tentang seolah-olah ditemukan 7 kontainer dari China yang mereka klaim berisi masing-masing 10 juta surat suara pemilu presiden dan wakil presiden 2019 sudah dicoblos pada nomor urut 01.

Parahnya, penyebar hoaks mengklaim bahwa penemuan 7 kontainer itu oleh anggota Marinir dan telah disita oleh Komisi Pemilihan Umum.

Beruntung, aparat kepolisian dan KPU sigap sehingga hoaks yang meresahkan ini cepat diungkap. Kini aparat kepolisian mengejar para penyebar hoaks yang meresahkan.

“KPU pastikan semua berita tersebut tidak benar. Tidak benar ada 7 kontainer yang dimaksud, tidak benar anggota Marinir TNI AL yang menemukannya, dan tidak benar KPU menyita itu semua,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam keterangan pers yang dilansir situs resmi KPU, Kamis (3/1).

Arief menegaskan bahwa kabar adanya temuan 7 kontainer surat suara Pilpres dan telah dicoblos itu bohong. Menurutnya, orang-orang jahat yang mengganggu pemilu dan mendelegitimasi penyelenggara pemilu harus ditangkap.

“KPU akan lawan hal tersebut. Kami berharap pelakunya ditangkap,” kata Arief.

“Kami juga ingin media massa mendukung dan menyampaikan berita-berita dengan benar dan sesuai fakta.”

Seperti diketahui, viral kabar seolah-olah ada 7 kontainer surat suara Pilpres telah dicoblos di Pelabuhan Tanjung Priok.

Aparat terkait berkoordinasi dengan petugas P2 KPU Bea Cukai Tanjung Priok. Telah dilakukan pengecekan/pemeriksaan terhadap semua dokumen/Bill of Lading (BL) yang memuat 7 kontainer melalui data on line.

Hasil pengecekan dari 1.300 buah pengiriman yg berjumlah 7 kontainer, tidak ditemukan kontainer yang bermuatan surat suara. Petugas Bea Cukai menyortir dengan cara memeriksa semua dokumen yg berisi 7 kontainer dan berasal dari China. Namun juga tidak ditemukan kontainer yang bermuatan surat suara dimaksud.

BAGIKAN