Indonesia – Malaysia Tingkatkan Kerja Sama

SekaliLagi.id – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (9/10).

Kunjungan merupakan perkenalan Wan Azizah dalam kapasitas sebagai Wakil Perdana Menteri. “Sebagai negara paling dekat, tetangga serumpun, pemimpin Indonesia dan Malaysia sepakat mengintensifkan komunikasi. Dengan komunikasi yang baik, jika terjadi masalah akan lebih mudah penyelesaiannya,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Presiden Jokowi menyatakan hubungan Indonesia dan Malaysia dalam kondisi sangat baik dan perlu terus ditingkatkan. Di antaranya kerja sama keamanan di wilayah perairan.

“Presiden meminta perhatian otoritas Malaysia meningkatkan kerja sama di dalam menjaga keamanan perairan laut di wilayah masing-masing,” kata Menlu Retno.

Wan Azizah menyatakan Malaysia sedang menyiapkan kapal patroli yang lebih canggih untuk menjaga keamanan perairan. Wan Azizah juga menyampaikan pentingnya peningkatan kerja sama penanggulangan terorisme dengan cara bertukar informasi intelijen.

“Dalam konteks counter terorism sudah ada kerja sama subregional dan akan ditingkatkan untuk pertukaran informasi intelijen,” kata Menlu Retno.

Presiden Jokowi juga menitipkan warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia. Termasuk pendidikan untuk anak-anak TKI.

Terkait pendidikan anak Indonesia di Malaysia, di Sabah dan Sarawak sudah ada community learning center, dengan sekitar 84.000 murid. CLC itu dikelola pemerintah Indonesia melalui KBRI dan KJRI atau komunitas WNI.

Namun, belum ada CLC di Semenanjung, Kuala Lumpur, Johor, dan Penang. Padahal terdapat sekitar 40 ribu anak Indonesia di wilayah itu. “Karena itu kita meminta agar dibentuk CLC juga di Semenanjung karena anak-anak Indonesia di sana cukup banyak,” kata Menlu Retno. [SL2]

BAGIKAN