Indonesia – Singapura Perkuat Kerja Sama Ekonomi

SekaliLagi.id – Di tengah ketidakpastian perekonomian global, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura berkomitmen mempererat kerja sama ekonomi.

“Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan saya melakukan pertemuan. Di tengah ketidakpastian ekonomi global, kerja sama ekonomi menjadi fokus perhatian kami,” kata Presiden Jokowi setelah pertemuan Indonesia – Singapura Leader’s Retreat di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10).

Kedua negara melakukan penandatanganan nota kesepahaman untuk mendorong ekonomi dan keuangan. Di antaranya kesepakatan swap (transaksi pertukaran valas) dan repo (perjanjian pinjaman dana dengan agunan saham atau surat utang) antarbank sentral, Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore.

Kerja sama itu untuk memperkuat pengelolaan likuiditas dan mendorong pengembangan pasar keuangan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Saya menyambut baik kerja sama swap dan repo Bank Indonesia dengan Monetary Authority of Singapore senilai US$10 miliar,” kata Presiden.

Disepaktai juga Perjanjian tentang Promosi dan Perlindungan Penanaman Modal; Program Kerja Sama dan Budaya Tahun 2019-2021; dan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Teknologi Finansial.

“Beberapa MoU yang ditandatangani adalah upaya untuk mendorong kerja sama ekonomi dan keuangan,” kata Presiden Jokowi. [SL2]

BAGIKAN