Kita Tidak Sendiri Hadapi Masa Sulit

SekaliLagi.id – Seluruh elemen bangsa turut merasakan dan berusaha bangkit bersama menghadapi masa sulit akibat gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Negara hadir, pemerintah sigap, warga negara bahu-membahu bersatu untuk meringankan beban korban bencana.

Setelah melihat langsung lokasi bencana, turut merasakan sulitnya medan yang harus ditempuh dan mendengar permintaan para korban, Presiden Jokowi memutuskan untuk menerima bantuan internasional.

Segera setelah itu, tawaran bantuan dari negara-negara sahabat berdatangan. Salah satunya dari Arab Saudi.

Melalui akun Twitter @jokowi, Kepala Negara dan kepala pemerintahan mengungkapkan betapa besar kepedulian para pemimpin dunia atas bencana yang menimpa Indonesia.

Presiden Jokowi menerima telepon dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, yang menyampaikan belasungkawa atas bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah sekaligus menawarkan bantuan.

“Tawaran serupa datang dari para pemimpin dunia. Ini pesan kuat bahwa kita tidak sendirian menghadapi masa-masa sulit ini,” kata Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, tidak lama setelah mendapatkan laporan tentang gempa bumi di Sulawesi Tengah, Presiden Jokowi langsung memantau dan menyiagakan seluruh jajaran pemerinah untuk menghadapi segala kemungkinan pasca-gempa.

Dalam hitungan menit sejak kejadian, Presiden Jokowi memerintahkan Menkopolhukam untuk bersama BNPB dan TNI menuju Sulteng untuk melakukan penanganan darurat.

Esoknya Presiden Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo Surakarta menuju Palu. “Saya ingin melihat sendiri dan memastikan penangan atas dampak bencana gempa bumi dan tsunami Sulawesi Tengah betul-betul menjangkau saudara-saudara kita di sana,” katanya.

Terenyuh hati Presiden Jokowi melihat dampak kerusakan yang begitu besar. Disambut dengan pelukan korban yang mengungsi, raut kesedihan jelas tergambar di wajahnya.

“Duka rakyat Sulawesi Tengah, duka kita semua. Dengan saling bergandeng tangan, dampak bencana ini kita hadapi bersama,” kata Presiden.

Kerja nyata dari kunjungan itu menghasilkan pemetaan masalah dan langkah prioritas yang segera diambil. Langkah pertama evakuasi korban, kedua penyediaan air bersih dan sanitasi, ketiga pembersihan kota dari puing-puing, dan keempat pemulihan jalur angkutan dari dan ke Palu.

Presiden Jokowi menunjukkan kerja nyata. Di bawah kepemimpinannya, pemerintah sigap bergerak dalam tanggap darurat. [SL3]

BAGIKAN