Para Muda Berdaya Bersama

SekaliLagi.id – Generasi muda yang digadang- gadang menjadi penentu arah di berbagai bidang kehidupan mulai bergerak bersama dari berbagai penjuru Tanah Air.

Salah satunya komunitas Gubuak Kopi di Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok, Sumatera Barat. Komunitas ini digerakkan anak-anak muda kreatif dari berbagai bidang. Mereka aktif mengembangkan pengetahuan seni dan media dalam ruang lingkup lokal serta memperkenalkan seni sebagai media aspirasi warga.

“Kami mengajak warga, anak-anak, remaja, maupun dewasa untuk mengenal cara kerja media melalui kegiatan kreatif atau kesenian,” kata Albert Rahman Putra (26 tahun), pendiri Gubuak Kopi.

Komunitas yang dimotori pegiat seni, penulis, jurnalis, dan mahasiswa ini bekerja secara kolektif bersama warga memproduksi seni kontemporer. Salah satu program kegiatan komunitas ini adalah Daur Subur yang fokus pada pengembangan media dalam mengangkat konten- konten lokal, baik untuk Solok maupun Sumatera Barat.

Tujuan utama komunitas yang berdiri sejak Agustus 2011 ini mengaktifkan ruang-ruang publik. Misalnya menjadikan perpustakaan kelurahan tak sekadar penyimpanan buku, tapi terminal pengetahuan, ruang bertemu, diskusi, berinteraksi, berbagi informasi, dan berkreativitas.

Gubuak dalam bahasa Minang berarti pondok di tengah sawah yang digunakan para petani untuk sejenak beristirahat dari pekerjaan.

Fokus Gubuak Kopi pada bidang literasi media dan pemberdayaan warga, terutama anak-anak dan remaja. “Gubuak Kopi sasarannya mengubah pemikiran dan mengalihkan dunia generasi muda untuk kegiatan bermanfaat,” kata Albert. (SL2)

BAGIKAN