Presiden Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Jawa Barat

SekaliLagi.id – Presiden Jokowi menyerahkan 4.000 sertifikat tanah kepada warga Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Sertifikat ini diberikan kepada Bapak, Ibu, dan Saudara sekalian agar tidak lagi ada yang namanya sengketa tanah,” kata Presiden Jokowi pada penyerahan sertifikat tanah rakyat di Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Rabu (26/11).

Berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional, di Indonesia terdapat 126 juta bidang tanah yang mestinya memiliki sertifikat sebagai tanda bukti kepemilikan. Namun, hingga tahun 2017 baru 51 juta bidang tanah yang bersertifikat. Padahal, ketiadaan bukti kepemilikan berupa sertifikat tanah dapat sering memunculkan sengketa.

Presiden Jokowi menargetkan pada tahun 2024 seluruh bidang tanah di Jawa Barat telah memiliki sertifikat. Ditargetkan pada tahun 2019 sebanyak 9 juta sertifikat hak atas tanah dapat diterbitkan untuk masyarakat di seluruh Tanah Air. “Kita harapkan nanti di Jawa Barat pada 2024 semua tanah sudah bersertifikat. Targetnya seperti itu,” kata Presiden.

Sebelumnya Badan Pertanahan Nasional hanya menerbitkan sekitar 500.000 sertifikat per tahun. Namun, sejak beberapa tahun ini Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk bekerja lebih keras agar dapat menerbitkan jutaan sertifikat tiap tahun.

“Tahun lalu target kita seluruh Indonesia 5 juta sertifikat. Tahun ini 7 juta sertifikat. Tahun depan 9 juta sertifikat harus diterbitkan,” kata Presiden Jokowi.

Target percepatan penerbitan sertifikat tanah itu tertuang dalam program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap yang merupakan prioritas nasional. Untuk kali pertama percepatan penerbitan sertifikat tanah dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam satu wilayah. Program ini memberikan kepastian dan jaminan hukum bagi masyarakat terkait hak atas tanah yang dimiliki. [SL2]

BAGIKAN