Presiden Jokowi Hadiri KTT Ke-33 ASEAN di Singapura

SekaliLagi.id – Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Ke-33 ASEAN yang diselenggarakan di Singapura, 13-15 November 2018. Pada konferensi ini Indonesia akan mematangkan proses pengembangan kerja sama Indo-Pasifik.

Sebagai koordinator ASEAN-Rusia, Presiden Jokowi akan menyampaikan statemen ASEAN dalam pertemuan kedua pihak. Di bawah koordinasi Indonesia, kerja sama ASEAN-Rusia telah menjadi kemitraan strategis.

Presiden Jokowi juga diagendakan melakukan beberapa pertemuan bilateral di sela-sela KTT ASEAN. Setelah itu melanjutkan kunjungan kerja ke Port Moresby, Papua Nugini, untuk menghadiri KTT Ke-26 APEC pada 17-18 November 2018.

Pada KTT APEC yang bertema “Harnessing Inclusive Opportunities Embracing Digital Future”, Indonesia akan mengedepankan beberapa hal, di antaranya pemanfaatan teknologi digital untuk pembangunan inklusif.

Selama di Port Moresby, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral serta dialog dengan 12 pimpinan negara kepulauan Pasifik untuk membahas kerja sama maritim dan penanggulangnan perubahan iklim. [SL2]

BAGIKAN