Presiden Jokowi Masuk Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

SekaliLagi.id – Presiden Joko Widodo masuk daftar 50 muslim paling berpengaruh di dunia. Jokowi berada di peringkat 16 “50 Teratas Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2019” yang dilansir The Muslim 500.

The Muslim 500 merupakan hasil kajian The Royal Islamic Strategic Studies Centre, lembaga penelitian independen yang berkantor pusat di Amman, Yordania.

Lembaga ini mendata tokoh-tokoh dunia yang berpengaruh dalam bidang budaya, ideologi, politik, keuangan, dan bidang lain yang memberi dampak signifikan pada dunia Islam.

Presiden Jokowi salat gaib untuk korban gempa Lombok di Masjid Baiturrahim, Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (10/8).

Penerbitan “50 Teratas Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2019” tahun ini merupakan perayaan 10 tahun lembaga itu dalam melakukan proyek ini, sehingga mengeluarkan dua daftar sekaligus.

Selain Presiden Jokowi, tokoh Indonesia yang masuk dalam daftar ini adalah Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di peringkat 20 dan Habib Luthfi bin Yahya di peringkat 37.

Tokoh-tokoh dunia yang masuk daftar ini antara lain Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz, pemain sepakbola Mohamed Salah, dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Presiden Jokowi melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/8) pagi.

Dalam buku kompilasi daftar tokoh tersebut, Jokowi disebut sebagai tokoh populis yang mendapatkan dukungan luas meski bukan berasal dari latar belakang kuat di militer dan elite penguasa.

Jokowi berasal dari rakyat kebanyakan yang berhasil menapaki karier melalui jalan panjang sebagai pengusaha, wali kota, gubernur, kemudian presiden.

Jokowi diakui sebagai sosok pemimpin yang sukses dan politisi bersih. Jokowi berhasil membangun reputasi sebagai politisi bersih dan mempertahankan untuk tidak melakukan korupsi dan nepotisme. Budaya blusukan yang dipopulerkannya kini mendunia dan mulai banyak ditiru politisi lain. [SL3]

BAGIKAN