Presiden Pastikan Stok Beras Aman

SekaliLagi.id – Persediaan beras Badan Urusan Logistik cukup berlimpah pada awal tahun ini. Bahkan, stok beras meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Saya melihat, dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu, stok beras saat ini berlipat ganda. Biasanya di akhir Desember stok beras 700-800 ribu ton, tetapi di akhir Desember lalu 2018 hingga saat ini stok beras 2,1 juta ton,” kata Presiden Jokowi seusai mengecek stok beras di kompleks pergudangan Bulog, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (10/1).

Peningkatan stok beras Bulog cukup untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan harga beras di pasaran. Operasi pasar yang dilakukan Bulog secara serentak di seluruh Indonesia mulai 3 Januari efektif menjaga harga beras di tingkat masyarakat.

Ketersediaan stok yang besar diharapkan memberikan keyakinan kepada pasar dan masyarakat agar tidak khawatir akan terjadi gejolak harga beras di pasaran. “Karena biasanya kalau stok sedikit akan banyak spekulan yang bermain-main dengan harga. Ini kita tunjukkan stok ada dan banyak,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menginstruksikan Bulog memastikan ketersediaan stok dan melakukan operasi pasar bila dibutuhkan. Bulog juga harus bisa menjaga keseimbangan antara harga produksi dengan harga pasar supaya menguntungkan petani dan masyarakat. [SL2]

BAGIKAN