Presiden Serahkan Langsung Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa

SekaliLagi.id – Presiden Jokowi memastikan penyederhanaan prosedur penerimaan dana bantuan bagi masyarakat terdampak gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Tadi saya cek, sudah gampang dicairkan. Saya lihat (penerima bantuan) masuk ke mobil BRI kemudian langsung cair uangnya,” kata Presiden Jokowi seusai menyerahkan buku tabungan stimulan pembangunan rumah korban gempa di Sumbawa Barat, Kamis (18/10).

Sebelumnya banyak warga penerima bantuan kesulitan mencairkan dana karena prosedur berbelit. Setidaknya ada 17 prosedur yang harus dilalui. “Kemudian kita putuskan menjadi hanya 1 prosedur sehingga memudahkan masyarakat dalam pencairan dana,” kata Presiden.

Pemerintah memberikan bantuan dana untuk kembali membangun rumah yang rusak. Bantuan diberikan dalam bentuk buku tabungan yang mudah dicairkan. “Kepala BNPB melaporkan, hari ini diberikan 2.081 buku tabungan. Sekarang tinggal mencairkan.”

Pemerintah terus mengupayakan seluruh warga terdampak gempa menerima bantuan dana perbaikan rumah. “Kalau yang belum menerima, minggu depan akan diusahakan tahap kedua.”

Dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di Nusa Tenggara Barat, pemerintah tidak hanya mengupayakan pembangunan kembali rumah warga, tetapi juga sejumlah fasilitas umum yang rusak atau roboh.

“Yang rusak tidak hanya rumah. Ada 830 sekolah dan 334 rumah ibadah ambruk. Rumah sakit dan puskesmas 61 buah dan pasar 12 buah. Jadi, banyak yang harus dikerjakan. Saya harapkan semua mengerti persoalan besar yang kita hadapi ini,” kata Presiden Jokowi. [SL2]

BAGIKAN