Program Instalasi Listrik Gratis Dorong Masyarakat Lebih Produktif

SekaliLagi.id – Program instalasi listrik gratis untuk mendorong rumah tangga miskin dan rentan miskin agar lebih produktif sehingga meningkatkan perekonomian dan taraf hidupnya.

“Kalau sambungan listrik sudah diberikan, saya kira masyarakat lebih produktif. Anak-anak kita kalau malam hari juga bisa belajar dengan tenang,” kata Presiden Jokowi saat meninjau program penyambungan instalasi listrik gratis di Kampung Biyombong, Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1).

“Target instalasi listrik gratis untuk 4.000 rumah, tapi memang baru dapat 300 rumah. Ini kan baru awal. Saya lihat program ini tepat sasaran,” kata Presiden.

Program ini menyasar keluarga yang tidak mampu membayar biaya pemasangan instalasi listrik.

“Karena memang kita melihat banyak yang membutuhkan, bisa membayar bulanannya tapi untuk sambungan yang Rp 1 juta lebih itu nggak bisa. Nggak kuat bayar pemasangan sehingga tidak memiliki meteran langsung,” katanya.

Hingga akhir Desember 2018 program instalasi listrik gratis telah menjangkau 100.970 keluarga di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

“Ini akan bergerak. Memang kita baru konsentrasi bulan-bulan ini di Jawa Barat. Nanti menggeser ke timur, ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Presiden Jokowi. [SL2]

BAGIKAN