Survei Terbaru: Jokowi Menang Tebal

Romantisnya Jokowi dan Iriana di Hutan Karet.
Romantisnya Jokowi dan Iriana di Hutan Karet.

SekaliLagi.id – Elektabilitas Jokowi makin melejit, jauh meninggalkan penantangnya. Survei terbaru yang dirilis hari ini (21/3), gap alias selisih elektabilitasnya mencapai 21%.

Indo Barometer yang merilis survei hari ini mengungkapkan bahwa elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin di angka 50,2% dan penantangnya di angka 28,9%.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, mengungkapkan seandainya Pilpres hari ini, Jokowi-Amin diprediksi menang dengan selisih 21%.

Survei yang dilakukan Indo Barometer menggunakan simulasi dengan surat suara. Artinya, hasilnya sudah mendekati kenyataan.

Jokowi-Amin menjadi pilihan mayoritas karena publik puas dengan kinerja periode pertama Jokowi yang terbukti nyata hasilnya.

“Peluang petahana terpilih kembali sangat dipengaruhi oleh evaluasi publik atas kinerjanya. Kalau publik puas, maka peluang terpilih ada,” kata Qodari.

Keunggulan pasangan calon Jokowi-Amin makin sempurna karena saat dibuat simulasi head to head antar capres dan cawapres masih unggul.

Jokowi dipilih 51,2% dan capres penantangnya hanya 28,9%. Sementara Ma’ruf Amin unggul dengan 44,5% berbanding 32,1% yang diperoleh cawapres penantangnya.

Survei ini makin memperkuat temuan survei kemarin yang dirilis Litbang Kompas. Hasil ekstrapolasi yang dilakukan Litbang Kompas, Jokowi menang tebal dengan elektabilitas 56%.

Survei yang dilakukan sejumlah lembaga seperti LSI Denny JA, Charta Politika, dan SMRC juga menemukan bahwa Jokowi menang tebal atas lawannya.

BAGIKAN