Tak Lelah Menjaga Persatuan Bangsa

SekaliLagi.id – Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya menjaga persatuan, merawat persaudaraan, dan memelihara kerukunan di antara sesama warga negara, di tengah perbedaan suku, budaya, bahkan pandangan politik.

“Meskipun ini keturunan Jawa, orang Jawa di Riau, harus menghargai, menghormati tradisi, adat yang ada di sini. Menghormati kearifan lokal di sini,” kata Presiden Jokowi pada silaturahmi bersama Keluarga Besar Paguyuban Putra Jawa Keturunan Sumatera (Pujakesuma) di Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12) malam.

Presiden mengapresiasi silaturahmi Keluarga Besar Pujakesuma sebagai upaya menjaga persatuan bangsa. “Alhamdulillah… saya sangat senang pada malam hari ini bisa bertemu, berjumpa, bersilaturahmi dengan Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara semua,” kata Presiden.

Presiden menekankan pentingnya menjaga persatuan mengingat Indonesia negara besar dengan beragam suku, agama, bahasa, serta budaya. Apalagi menjelang pesta demokrasi lima tahunan yang akan serentak dilaksanakan di Tanah Air.

Pemilu yang sebenarnya adalah pesta demokrasi tak jarang menimbulkan gesekan akibat perbedaan pandangan politik. Namun, perbedaan pandangan politik tidak boleh merusak persatuan dan kerukunan masyarakat Indonesia.

“Jangan sampai karena perbedaan-perbedaan ini ada gesekan. Hindari itu. Karena perbedaan-perbedaan terus ada konflik kecil-kecil, itu juga tidak boleh. Jangan sampai ada,” kata Presiden Jokowi. [SL2]

BAGIKAN