Trans Jawa Terkoneksi Akhir 2018

SekaliLagi.id – Ruas tol Jakarta-Surabaya sebagai bagian dari Trans Jawa dipastikan segera terkoneksi pada akhir tahun 2018.

“Hari ini kita resmikan Jalan Tol Solo-Ngawi di segmen Sragen-Ngawi. Artinya, sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya pada akhir tahun ini insya Allah sudah tersambung semua,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan ruas jalan Tol Solo-Ngawi, di Sragen, Rabu (28/11).

Tol segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,43 kilometer.

Jalan tol hendaknya dimanfaatkan untuk meningkatkan mobilitas orang dan barang di sekitarnya. “Jangan sampai hanya berdiri sendiri sebagai jalan tol. Semuanya harus diintegrasikan sehingga manfaatnya betul-betul maksimal. Mobilitas orang dan barang semua bisa berjalan dengan cepat,” kata Presiden.

Daerah-daerah juga bisa mengembangkan potensi pariwisata. Terintegrasinya sejumlah ruas jalan tol akan memangkas waktu perjalanan wisatawan. “Misalnya wisatawan dari Semarang ingin ke Solo yang biasanya 3 hingga 3,5 jam perjalanan sekarang mungkin maksimal 1 jam. Artinya ada peluang wisman yang turun di Semarang bisa juga masuk Solo,” kata Presiden Jokowi. [SL2]

BAGIKAN